TIPS MENGATASI AGAR HP ANDROID TIDAK CEPAT PANAS

Assalamualaikum wr.wb

Pada postingan hari ini saya ingin memberikan sedikit Tips Mengatasi Agar Hp Android Tidak Cepat Panas. Okey, Let's Start.


Panas pada ponsel android sebenarnya prilaku yang normal, apalagi ketika hp tersebut sering digunakan. Misalnya sering digunakan untuk main game secara terus menerus tanpa istirahat, beda halnya jika hp android penggunaannya tidak terlalu ekstirm namun temperatur hp cepat panas itu artinya ada sesuatu yang salah dengan hp anda, sehingga perlu penanganan yang serius untuk mengatasi masalah tersebut.
Biasanya penyebab hp cepat panas salah satunya disebabkan adanya bagian sistem yang belum stabil terhadap perangkat keras yang digunakan, seperti ponsel yang menggunakan chipset versi terbaru. Maka tips dibawah ini bisa anda coba agar hp anda tidak terlalu panas walaupun sedang digunakan sekalipun.

1. Matikan Data Seluler Ketika Hp Tidak Digunakan
Data seluler biasanya diaktifkan ketika ingin internetan melalui hp, ini salah satu penyebab hp anda akan cepat panas dan terkadang bisa menguras baterai karena data seluler pada hp dalam keadaan aktif ketika hp sedang tidak digunakan. Data seluler akan terus bekerja walaupun tidak digunakan dan bisa menguras baterai serta menyebabkan panas ketika tidak ada jaringan disekitar, sehingga ponsel dipaksa untuk bekerja ekstra karena digunakan oleh fitur data seluler dalam mencari jaringan wireless.

Oleh karena itu untuk menghindari mudah panas pada hp lebih baik matikan dulu data seluler apabila hp sedang tidak digunakan. Dengan cara ini selain dapat menghemat baterai, juga dapat menjaga kondisi perangkat tetep dingin. Tapi jika anda sedang memakai fitur SMS dan panggilan telepon cukup dengan mematikan data seluler saja.

2. Batasi Penggunaan Aplikasi Media Sosial
Beberapa aplikasi media sosial seperti facebook, twitter, bbm, dan media sosial lainnya memang disetting untuk selalu berjalan di latar belakang. Walaupun tidak kelihatan aktif, aplikasi tersebut sebenarnya berjalan dan terus memproses dibelakang layar, sehingga ketika ada pesan masuk atau ada notifikasi maka secara update akan memberikan informasi kepada pengguna.

Jika anda memang selalu menunggu pesan notifikasi secara update dari media sosial, sebaiknya batasi 1 saja yang aktif di latar belakang. Pilih saja aplikasi media sosial yang anda anggap penting, yang lainnya usahakan status notifikasi di nonaktifkan. Dengan cara ini maka ponsel tidak akan terlalu kerja ekstra, sehingga tidak akan mudah cepat panas dan baterai pun akan awet.

3. Jangan Salah Pakai Kabel Charger
Ini yang banyak dari kita mengabaikan masalah ini, padahal ini merupakan faktor yang sangat berpengaruh terhadap kinerja dari perangkat android anda. Ketika anda menggunakan kabel charger untuk melakukan pengisian daya baterai, pastikan juga bahwa anda melakukan pengisian dengan charger asli dan jangan menggunakan kabel USB.

Bagi anda yang mengisi daya baterai dengan menggunakan USB dapat membuat bagian pada port USB jadi terbakar, bahkan yang lebih parah lagi dapat terjadi konsleting arus listrik. Hal ini disebabkan karena ketidak cocokan antara USB charger dengan perangkat android. Sebenarnya pengisian baterai sudah direkomendasikan oleh brand merek hp tersebut. Dan brand merek perangkat android anda sudah melakukan uji yang baik adalah menggunakan cahrger asli.

4. Jangan Gunakan Perangkat Android Ketika di Charger
Penyebab terjadinya overheating pada ponsel dan tablet yaitu dengan penggunaan andorid saat sedang di chargering. Padahal hal ini tentu saja tidak baik bagi kelangsungan perangkat anda. Sebaiknya anda gunakan android saat sedang tidak dicharging, jika anda menggunakan android ketika di charging hanya akan membuat perangkat android mudah panas.
Selain itu jika hal ini dilakukan secara terus menerus maka akan menyebabkan baterai android akan membesar dan akan mudah habis. Jadi pastikan anda tidak menggunakan smartphone androd ya ketika dicharging.

Dengan demikian anda sudah mengatisipasi dan mengatasi hp dan tablet android yang cepat panas. anda hendaknya melakukan perawatan dengan baik untuk menghindari hal yang berdampak buruk pada perangkat. Perawatan yang teratur dan tepat akan memberikan dampak positif dengan menjadi smartphone android lebih tahan lama ketika dipakai.


Sekian dari postingan saya pada hari ini, semoga bermanfaat yaa :)

Jangan lupa kunjungi
www.atmaluhur.ac.id
dan
ysetiawanj.atmaluhur.ac.id


Wassalamualaikum wr

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERULANGAN PADA BORLAND C++

UTS Perancangan Basis Data berujung hal BARU dan POSITiF:)